Kamis, 15 Januari 2015

Keinginan Grup Larasati Akhirnya Terwujud Juga Berkunjung di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Awak Tembi dan para anggota Larasati berbincang santai di Pendopo

Berawal dari berita yang dimuat di Majalah Mingguan Jayabaya, berbahasa Jawa, tentang lembaga Tembi Rumah Budaya, para anggota grup kesenian “Larasati” di Kota Kediri, Jawa Timur, berminat sekali untuk berkunjung ke Tembi. Mereka ingin melihat langsung kegiatan-kegiatan budaya Jawa yang diselenggarakan di tempat ini.

Keinginan para anggota grup kesenian yang menekuni keroncong hingga karawitan itu, akhirnya terwujud pada Sabtu, 10 Januari 2015. Rombongan grup “Larasati” yang berjumlah 17 orang dipimpin oleh Ibu Endang.

Grup Larasati dari Kediri di Museum Tembi

“Kami merasa bersyukur akhirnya bisa tiba di Tembi Rumah Budaya untuk melihat dari dekat kegiatan-kegiatan budaya Jawa yang ada di tempat ini. Dengan demikian kami bisa melakukan studi banding langsung. Kebetulan kegiatan kami juga berkaitan dengan musik, khususnya musik keroncong dan karawitan. Mudah-mudahan di lain waktu bisa berkunjung kembali dan diizinkan untuk pentas atau main karawitan di tempat ini,” kata Ibu Endang saat temu muka dengan awak Tembi.

Mereka melihat koleksi Tembi
Awak Tembi pun menjelaskan berbagai kegiatan seni dan budaya Jawa yang berlangsung di Tembi seperti kursus MC Jawa, kursus tari, pentas kesenian tradisional (ketoprak, wayang kulit, campur sari dan lainnya), kursus bahasa Jawa, kursus dan pentas macapatan, dan lain-lain. Juga disampaikan fasilitas lain di Tembi yang mendukung kegiatan budaya Jawa, seperti Museum Jawa, Ruang Pameran, Penginapan Model Pedesaan, Kuliner Jawa, Perpustakaan, dan sebagainya.

Menengok rumah-rumah inap gaya pedesaan
Tampak mereka begitu senang dengan penjelasan kru Tembi. Mereka merasa mempunyai teman sesama pengembang kesenian Jawa. Usai penjelasan singkat mereka diajak keliling Tembi melihat koleksi-koleksi museum dan fasilitas di Tembi.

Bersumber dari : Tembi Rumah Budaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar