Minggu, 05 Oktober 2014

Mobil Mainan Kesukaan Sultan Hamengku Buwana IX Saat Kanak Kanak

Sri Sultan Hamengku Buwana IX ketika berusia empat tahun berpakaian joki
Dunia bermain sering diidentikkan dengan dunia anak-anak, baik anak kalangan rakyat jelata maupun ningrat. Salah satu putra raja Kasultanan Yogyakarta (Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat) yakni, Gusti Raden Mas Dorodjatun yang kelak bergelar Sultan Hamengku Buwana IX, punya kegemaran bermain mobil-mobilan.

Kini mobil-mobilan milik Sultan Hamengku Buwana IX kecil itu disimpan di dalam Museum Sultan Hamengku Buwana IX di dalam kompleks Keraton Kasultanan Yogyakarta. Mobil-mobilan dalam ukuran relatif besar daripada tamiya itu dicat warna merah.

Mobil-mobilan yang sering digunakan bermain oleh
Sultan Hamengku Buwana IX ketika kanak-kanak.
Mobil mainan itu diletakkan di dalam lemari kaca
yang berada di dalam Museum HB IX
Di samping mobil-mobilannya itu disematkan juga foto Sultan Hamengku Buwana IX ketika masih berusia sekitar empat tahun. Tampak dalam foto GRM Dorodjatun mengenakan pakaian joki. Hal ini mungkin juga menjadi petunjuk bahwa GRM Dorodjatun menyukai hewan peliharaan kuda. Tidak ada keterangan detail mengenai waktu pemotretan dilakukan. Pun tidak ada keterangan terinci mengenai data mobil-mobilan yang pernah digunakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana IX semasa kanak-kanaknya itu.

Bersumber dari ; Tembi Rumah Budaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar